Profil STAN, Mengenal STAN Lebih Dekat

 On Selasa, 26 November 2013  



Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan). STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Program studi yang diselenggarakan oleh STAN untuk lulusan SMU, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan spesialisasi sebagai berikut :
  1. Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai 
  2. Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara
  3. Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
  4. Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  5. Prodip III Keuangan Spesialisasi Penilai
  6. Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi
Selain program diatas, STAN juga menyelenggrakan program studi non-reguler untuk lulusan Prodip I dan Prodip III STAN sebagai berikut :
  1. Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  2. Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  3. Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus 
Untuk Prodip I Keuangan lama pendidikannya 1 tahun (2 semester), bertempat di Kampus STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di 8 daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Prodip III Keuangan lama pendidikannya 3 tahun (6 semester), bertempat hanya di Kampus STAN Jakarta.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah lulus tes CPNS dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Profil STAN, Mengenal STAN Lebih Dekat 4.5 5 Unknown Selasa, 26 November 2013 Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementeri...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar